| HOME | ABOUT ME |

Thursday, May 30, 2013

POWER AMPLIFIER STEREO


  
   Pada dasarnya power amplifier stereo adalah gabungan dari dua buah power amplifier mono yang ditempatkan pada satu boks amplifier dengan mempergunakan sumber tenaga DC yang sama.Fungsi dari power amplifier stereo ini adalah untuk menguatkan dua jalur frekwensi suara yang berbeda bunyinya dan bunyi ini biasanya berasal dari tape stereo,tuner stereo, ataupun berasal dari dua sumber yang berbeda,sehingga suara yang dikuatkan berbeda bunyiny antara loud speaker kiri dan loud speaker kanan.perbedaan suara ini terjadi karena input yang masuk keamplifier terdiri dari dua jalur suara. Jika input yang masuk hanya satu jenis suara, maka kedua loud speaker akan sama bunyinya atau biasa disebut dengan power amplifier mono. Pada prinsipnya satu power amplifier stere0 terdiri dari dua buah power amplifier dan dua buah pre amplifier yang teripisah , serta dua unit pengaturan nada yang tergabung dalam satu rangkaian atau terpisah dalam cara pengaturan suaranya.
pada bagian pengaturan nada stereo terdapat:
(A) volume yang berfungsi mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkannya
(b)balance yang berfungsi mengatur keseimbangan suara antara loud speaker kiri dan loud speaker kanan yang dihasilkan dari masing masing sumber suara
(c) trebel berfungsi mengatur nada tinggi
(d) bass berfungsi mengatur nada rendah.
Didalam melaksanakan praktek dan me reparasi serta perakitan ditemukan cara menggabungkan dua power amplifier mono menjadi satu power amplifier stereo, adapun bentuk dari gabungan power amplifier tersebut akan dijelaskan pada bagian berikut ini: pengatur volume dan pengatur balance tergabung pada satu sumbu pengatur. Adapun diagram cara pemasangan pengatur volume dan pengatur balance yang tergabung pada satu sumbu pengatur.


No comments:

Post a Comment