| HOME | ABOUT ME |

Thursday, September 19, 2013

Cara Mengganti Background System Android (framework-res.apk)

Halo sobat, kali ini saya akan memberikan tutorial cara merubah tampilan system android. berhubung saya cuma punya android andromax, jadi tutorial ini adalah cara merubah tampilan andromax. tapi jangan khawatir, tutorial ini bisa di praktekkan oleh pengguna android yang lain kok, asalkan ICS (android 4.0) yah, kalau versi sebelumnya saya belum pernah coba soalnya.
Pada tutorial kali ini saya tidak menggunakan komputer sama sekali, jadi pengeditan murni dari handphone android sobat. penasaran bagaimana caranya? yok mari kita simak cara mengganti tampilan si android tanpa komputer / laptop berikut ini.
Seperti biasanya kita harus mempersiapkan bahan sebelum kita oprek si android, persyaratan dan bahan antaralain adalah sebagai berikut:
Persyaratan dan Bahan
  • Handphone android ICS (4.0) atau yang terbaru
  • Handphone sudah di root, kalau belum baca tutorialnya di sini 
  • Aplikasi Root Explorer atau yang lain, yang penting bisa akses file system (root) dan zip unzip.
  • Gambar untuk backgroundya di usahakan sesuai dengan resolusi layar, kalau resolusi layar saya 320×480 kalau yang resolusinya sama silahkan ambil di toko masing2
  • Lagi lagi harus saya tulis ini “DWYOR – Do With Your Own Risk”, jangan salahkan saya jika nanti terjadi crash aplikasi atau error lainya. tapi saya doakan semoga lancar ;))
Langkah langkah modifikasi
  • Pertama 
Buka Root Explorer kamu, kemudian masuk ke direktory system framework di android kamu yaitu di /system/framework kemudian cari file bernama framework-res.apk dan copy paste (backup) ke tempat yang aman misal di sdcard. kalau udah beres kembali ke direktory sebelumnya dan kembali cari file framework-res.apk .
Edit framework android 
Letak file framework-res.apk
Kemudian pilih file tersebut dan tahan hingga muncul opsi menu, pilih paling atas “Extract All” tunggu sampai proses selesai.
Ekstrak file framework-res 
Ekstrak file framework-res
Nah, pada saat proses akan terlihat letak hasil ekstrakan kita tadi (sesuai pengaturan aplikasinya) kalau di tempat saya berada di /sdcard/extracted .
  • Kedua
Selanjutnya, kita menuju folder hasil ekstract kita tadi, nah paada folder tersebut akan tampak folder framework-res nah kita masuk tuh ke folder tersebut, selanjutnya masuk folder letak gambar yang akan kita ganti, yang terletak di framework-res/res/drawable-nodpi kalau sudah hapus file bernama background_holo_dark.png  dan kita ganti dengan gambar yang sudah kita siapkan tadi.
Background framework-res 
Background framework-res
  • Ketiga
Kalau gambarnya sudah di ganti, silahkan kembali ke folder hasil ekstrackan tadi, sentuh dan tahan folder framework-res sampai muncul menu, dan pilih menu “Zip this folder” tungu sampai proses selesai.
Zip framework res 
Zip framework res
kalau sudah selesai, mari kita menuju folder hasil zip kita lebih mudahnya klik saja “Go to zip” setelah proses zip selesai.
Zip framework-res 
Zip framework-res
Nah, di situ akan ada file bernama framework-res.zip ubahlah / rename file tersebut menjadiframewrok-res.apk 
  • Ke Empat
Nah, di sini agak perlu di perhatikan dan hati hati karena kita akan masuk dan merubah system si android, kalau nggak berani jangan teruskan aksi anda, ;))
Copy file yang tadi kita rename (framework-res.apk) kemudian masuk folder/system/framework lalu set Root explorer menjadi Mount R/W agar bisa menghapus dan mengedit file, kemudian hapus file framework-res.apk, lalu paste file kita yang baru. perhatikan, di sini mungkin akan ada pesan beberapa error dari aplikasi, biarkan saja (Klik OK saja) kemudian pastikan setting permission file tersebut adalah seperti berikut
Permission Framework apk 
Permission Framework apk
Untuk menggantinya tahan file tersebut, dan pilih “Permission” dan atur centang seperti di atas. kalau sudah beres, restart android kamu, setelah menyala coba masu menu setting, tampilan system android yang tadinya hitam legam akan berubah ada background di belakangnya seperti berikut.
Berhasil 
Berhasil
Kalau kamu tidak ingin mengambil resiko hp error, silahkan download saja framework-res.apkhasil editan saya di sini framework-res.apk . caranya sama, tinggal copy ke /system/framework timpa file framework yang lama kemudian set permissionya seperti di atas dan reboot android kamu,,,
Update:
Kalau terjadi error dan tidak bisa masuk menu / root explorer, silahkan flash file zip berikut melalui CWM (Seperti Rooting  / Install Rom )

No comments:

Post a Comment